6 Tips Menghilangkan Kebiasaan Anak yang Kecanduan Gadget

 Kokoindonesia.com Gadget saat saat ini merupakan barang yang tak bisa terpisahkan dengan dengan kehidupan kita. Bagaimana tidak? Kemana pun pergi gadget selalu dibawa, apa pun yang ada selalu bisa diakses dengan gadget.


Tidak heran jika anak anak sekarang tak heran jika anak-anak masa kini pun sudah mulai kenal yang namanya gadget ini. Bahkan banyak yang kecanduan dengan gadget.


Pada dasarnya anak boleh diperkenalkan dengan gadget, namun tidak boleh berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya. Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.


Banyak hal yang perlu kita lakukan untuk anak selain penggunaan gadget, seperti hafalan doa-doa, lagu anak-anak, permainan yang moderen untuk anak, dan satu lagi melatih anak supaya mengenal teknologi baru serta tidak gaptek.

 

Jika seorang anak sudah mulai kecanduan gadget akan berdampak negatif karena kemana pun ia pergi tentu tidak bisa lepas dari gadget tersebut, bahkan makan pun bisa jadi akan dibawa. Selain itu, karena asiknya bermain gadget maka anak akan lupa untuk belajar, bergaul dengan teman, dan akan malas untuk pergi ke sekolah.


Tentunya Ayah dan bunda tidak mau stres karena anak anda kecanduan gadget bukan? Maka bunda bisa melakukanlah tips berikut ini.

1. Berikan anak batasan waktu

Bunda bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Dalam hal ini harus tegas dan jangan membiarkan anak terlalu asik bermain gadget.


2. Berikan Mainan Alternatif

Bunda bisa membe rikan mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Selain itu, jika bunda memang melihat banyak teman seumuran dengan anak di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya bunda


3. Luangkan Waktu Bunda Untuk Anak

Apabila ayah dan bunda menginginkan anak tidak kecanduan gadget maka alangkah baiknya meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu bunda ketahui salah satu alasan mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, jangan terlalu sibuk bekerja tetapi luangkanlah waktu untuk si kecil.


4. Biarkan Anak Bermain Di Luar

Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain. Namun ada baiknya bunda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.


5. Batasi Penggunaan Jaringan Internet Dirumah

Pada dasarnya bukan hal yang baru lagi jika para orang tua memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. Namun perlu diketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak anda kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak akan individualis mengurung diri di kamar bermain internet. Maka dari itu bunda bisa membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan harian bunda.


6. Sibukkan Waktu Kegiatan Anak

Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika sudah bosan maka anak akan cenderung memilih untuk bermain gadget. Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas. Maka tidak ada salahnya bunda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak anda seperti: les bahasa inggris atau arab, les menyanyi dan lainnya.

Demikian 6 tips cara menghilangkan kecanduan anak yang bisa bunda lakukan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.