Tips Ampuh Mendidik Anak Saat Ayah dan Bunda Nasehati

 

Kokoindonesia.com - Sebagian banyak orang tua sering mengeluh, kenapa susah sekali mendapatkan perhatian anak-anak. Saat orang tua berbicara seakan-akan angin lalu tanpa respon balik. Saat diberi tahu mereka nggak mau nurut. Bagaimana Bun... Apakah ayah dan bunda pernah merasakan juga?

 

 

Salah satu penyebab anak sering cuek menurut Professor Neal Rojas Pediatri California, ketika orang tua bicara dengan anak tapi dicuekin, menurut beliau penyebab utamanya orang tua cenderung hanya menyuruh tanpa mendampingi si anak. Sebagai contoh nya Bunda menyuruh anak mengerjakan PR. Sedangkapn bunda sibuk dengan menelpon atau, membalas chat urusan kantor dan ayah sibuk dengan menonton tv atau sibuk dengan hanphonenya.

 

 

Neal mengatakan ini masalah tentang perhatian terhadap anak. Dari penelitiannya , Neal mengatakan jika seorang anak diberi tahu atau dinasehati dengan posisi memunggungi sudah pasti si anak akan mencuekinya.

 

Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai orang tua adalah penggunaan gadget di rumah yang dibatasi saat bersama dengan anak.

 

Untuk  menjaga perhatian anak sehingga membuat mereka mau mendengarkan dan melaksanakan perintah kita dengan baik ada beberapa tips yang  bisa ayah bunda lakukan sebagai orang tua.

 

 1. Berusaha Bersikap Penuh Perhatian

 

Saat meminta anak melakukan sesuatu, usahakan kita memandang matanya dan fokus dengan tidak melakukan hal lain. Jangan meminta anak melakukan sesuatu ketika ayah bunda tengah sibuk mengerjakan hal lain. Kalau seperti itu anak bisa merasa orang tua sekadar menyuruh tanpa ada perhatian sedikitpun dan anak juga tidak  menganggap serius apa yang diminta ayah dan bunda.

 

2. Membuat Aturan Penggunakan Handphone

 

Perlunya orang tua membuat aturan pembatasan  menggunakan HP sangat diperlukan dalam keluarga. Agar satu sama lain sesama  keluarga bisa saling mendengarkan.

 

3. Mendapatkan Perhatian Anak

 

Bagaimana caranya? Mendekatlah dan sebut nama mereka, lakukan kontak mata sejajar, sampaikan pesan dan minta anak mengulanginya dua kali.

Mungkin tampak konyol bagi mereka, tapi itu tidak apa-apa. Dengan mengulangi petunjuk, Ayah bunda tahu mereka telah memahami apa yang perlu mereka lakukan. Juga, teknik ini mengaktifkan penglihatan, suara, dan pengulangan yang memicu jalur saraf yang berbeda dan stimulan.

 

4. Jangan segan untuk memberikan konsekuensi kepada anak

 

Ketika kita sudah memberi tahu anak dengan cara yang tepat dan jelas namun    anak tetap tidak nurut  segan beri mereka konsekuensi. Pastikan konsekuensi ini sudah bunda sampaikan pada anak sebelumnya.

 

Luar biasa bukan?  Demikian Beberapa Tips yang bisa Ayah dan Bunda lakukan untuk menghadapi jika anak kita sulit dinasehati.