Luar biasa! 7 Tips Mendidik Anak Dari Ibu Dengan 11 Anak Penghafal Qur'an

Kokoindonesia.com - Ingin mendidik anak-anak mencintai Qur'an? Mari belajar dari penuturan Bunda Wirianingsih yang memiliki 11 anak yang mencintai Qur'an pada acara Amazing Muharram 2019.

Bunda Wirianingsih dikenal sebagai penggiat dakwah, banyak aktif di PP Shalimah. Beliau memiliki 11 putra (putra ke 11  beliau sudah meninggal), 4 diantaranya sudah menyelesaikan hafalan 30 juz di tahun 2019.

Berikut langkah-langkahnya agar bisa mendidik anak hafal alquran :

 

  1. Menyandarkan Diri Kepada Allah.

Inilah hal paling mendasar yang harus dimiliki orang tua : menyadari bahwa anak itu titipan Allah, dan pasti akan diberi kekuatan dan kemudahan.

Hal itu terasa, saat masa dimana Bunda Wirianingsih ini tiap tahun melahirkan. “Saya itu kalau nggak gendong di dalam, gendong di luar.” Ujar beliau. Saya selalu berkhusnudzon ada kemudahan dari Allah. Alhamdulillah Allah karuniakan anak-anak mudah menghafal quran.

 

  1. Harus Kerjasama Dengan Suami.

Karena pemimpin dalam keluarga adalah bapak. Istri itu hanya mengikuti visi suami.

 

Saaat masa-masa hamil tiap tahun itu, saat pulang ke rumah setelah bekerja, suami itu mengambil alih meminta setoran

Baca juga : Cara Melembutkan Anak Nakal, Hikmah Buya Yahya

 

  1. Memiliki Kurikulum dan Target-target Mendidik Anak.

“Orangtua harus punya target, dan kurikulum , misalnya anak usia 6 tahun sudah mampu selesai membaca quran dengan bacan dan tajwid yang benar," demikian jelas beliau.

Kurikulum ini merupakan pengejawantahan cita-cita seorang ibu agar anak-anaknya menjadi anak yang sholih. Kenapa “sholih”, karena mencakup secara kesulurah, seperti doa yang diajarkan Al-Qur'an : Robbihabliminassolihin.

 

 

Target seperti itu didorong kesadaran dan kekhawatiran Bunda Wirianingsih atas pentingnya kemampuan baca qur'an. “Kalau sudah usia 7 tahun itu saya takut kalau anak-anak itu belum bisa baca al quran.”

Bunda Wirianingsih punya prinsip mengajarkan sendiri 5 hal : baca, tulis, berhitung, menggambar, membaca alquran kepada anaknya.

 

  1. Istiqomah Mengajarkan Al-Qur'an

Nah ini juga penting : Istiqomah mengajarkan al quran. Hal ini ada karena ada rasa takut kalau samapi kita meninggal itu anak-anak belum bisa baca Al quran.

 

 

  1. Memberi Tanggung Jawab Pada Tiap Anak

Anak no 1 diberi tanggung jawab membimbing dan menjaga anak no 9, no 2 menjaga no 8. Agar terbentuk tidak hanya hubungan persaudaraan tapi juga hubungan ideologis.

 

  1. Menyandarkan Diri Dengan Berdoa

 

 

Bunda Wirianingsih ini memiliki kebiasaan, bakda sholat subuh di masjid, beliau akan beri’tikaf hingga waktu syuru’. Mendoakan umat islam, bangsa dan negara serta keluarga. Menurut beliau, hanya doalah senjata satu-satunya agar memudahka kita membimbing anak-anak kita.

 

  1. Watawashoubil Haqqi Watasaoubissobr

Terus menerus menasehati dalam kebenaran dan sabar. Sampai usia beliau saat ini, masih terus menerus mengingatkan anak-anak beliau utk sholat tepat waktu dan berjamaah.

 

Luar biasa! Demikian tujuh kiat mendidik anak-anak menjadi penghafal alquran dari bunda wirianingsih. Semoga Allah mudahkan kita membimbing anak-anak kita menjadi anak sholih dan sholihah. Aamiin Ya Rabbal'alamin.