Cara Ajarkan Anak Mengaji Sejak Dini

 Kokoindonesia.com - Saat ini dunia memiliki perubahan sangat cepat dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol.

Salah satu pengaruh terbesar dari pergeseran dunia di zaman sekarang tentu saja dipengaruhi oleh teknologi.  Kecepatan teknologi dan informasi akan memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk anak-anak.

Jadi bagaimana peran orangtua dalam membesarkan sang buah hati sangatlah penting agar memiliki mental dan iman yang kuat dalam beragama.

Ya, pastinya memberikan pendidikan agama untuk bekal kehidupan mereka kelak saat dewasa. Oleh karena itu, mengajarkan mengaji pada anak dapat dilakukan sejak dini.

Berikut ini uraian mengenai 4 cara tepat mengajarkan anak balita belajar mengaji yang efisien

dini.

1. Biasakan anak mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur'an / Audio Murrotal setiap harinya

 

Para orangtua yang beragama Islam pasti mengharapkan anaknya mampu membaca Al-Qur'an dengan baik.

Nah, sebagai langkah awal orangtua bisa mengajarkan mereka sejak usia dini. Di mana anak usia dini memiliki kencendrungan dalam hal meniru dan mengulangi hal-hal yang diinginkannya.

 

Oleh karena itu, kita harus  mendampingi anak untuk mencintai Al-Qur’an sejak kecil. Perdengarkan ayat Al-Qur'an melalui audio  murottal setiap hari dalam kondisi apapun, jika perlu 24 jam nostop kita lantunkan suara ayat suci al quran.

 

Dengan membiasakan anak mendengar bacaan Al-Qur'an maka dapat menjadikannya lebih familiar dengan Firman –firman Allah.  Insya Allah, jika sering di ulang-ulang, memori anak akan merekamnya secara baik.

 

 2. Berikan Penjelasan Pentingnya Membaca Al Quran

 

Mengapa orangtua perlu mengajarkan Al-Qur’an dan mendorong anak-anak untuk menghapalnya?

Sebagai seorang muslim, tentu orangtua bisa mengajarkan berbagai macam bentuk aturan hidup maupun ibadah yang harus ditaati, yang salah satunya kegiatan mengaji. Bunda dapat memberikan pemahaman bahwa dengan Belajar Quran akan  dicintai dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Dengan demikian, anak akan mudah memahami isi Al-Qur’an dan tergerak untuk menjalankan isinya.

 

3. Memperkenalkan huruf-huruf Hijaiyah

Tahap  selanjutnya yang dapat dilakukan agar anak senang mengaji adalah dengan menempelkan huruf-huruf Hijaiyah di dinding kamarnya.

Bisa dengan perlahan mengenalkan satu demi satu dengan metode menyanyi kan Huruf Hijaiyah. Buat suasana asik dan menyenangkan untuk membantu anak mengingat hapalannya dalam waktu yang lama. Dan pastikan niatkan diawal semua karena Allah.

 

Bunda  bias  memainkan huruf Hijaiyah dengan membuat kuis seperti mengacak huruf Hijaiyah. Kemudian  mintalah anak menjawab dan jangan lupa memberikan pujian dan hadiah.

 

4. Mengajak anak belajar mengaji di TPA

 

 Dengan mengajarkan anak belajar mengaji harus dimulai sejak dini. Secara otomatis belajar Al-Qur’an sejak dini  dapat membentuk aqidah pada anak. Untuk memantapkan anak  dan menimbulkan rasa cinta kepada Al Quran ajak anak ke TPA adalah solusi terbaik.

Dengan metode tersebut anak mulai mengikuti berbagai macam kegiatan kajian , mulai menghapal bacaan doa-doa, membaca dan menulis tulisan Hijaiyah.

 

Dengan demikian 4 cara ini perlahan  anak  akan terbiasa mengaji tanpa harus kita perintahkan.